Selasa, 23 Januari 2024

Aksi Nyata Topik 2 Perspektif Sosio-Kultural

 

Pada topik dua ini membahas mengenai Konsep dasar perspektif sosio-kultural dalam pendidikan. Topik ini memberikan pemahaman mengenai SES dan CHAT yang akan ditemui oleh pendidik dalam dunia pendidikan. Sehingga pendidik dapat secara efektif memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki oleh peserta didik.

 


1. Mulai dari diri

Apa yang anda pikirkan tentang topik ini sebelum sebelum memulai proses pembelajaran?

Sebelum memulai pembelajaran, saya memiliki pandangan bahwa keberagaman sosial, budaya, ekonomi, dan politik mempengaruhi karakter setiap peserta didik, sehingga setiap individu memiliki karakter yang berbeda-beda. Sebagai pendidik, penting untuk memahami faktor-faktor yang menyebabkan keberagaman peserta didik agar dapat mempertimbangkan perbedaan tersebut dalam kelas. Konsep sosiokultural harus dipahami dengan baik karena akan diterapkan dalam pembelajaran, terutama dalam memerdekakan peserta didik. Dengan memahami konsep ini, pendidik dapat melakukan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik sehingga hasil pembelajaran dapat lebih optimal.

2. Eksplorasi Konsep

Apa yang anda pelajari dari konsep yang ada dalam topik ini?

Dalam topik ini, saya mempelajari konsep dasar dalam perspektif sosiokultural dalam pendidikan, yaitu Socioeconomic Status (SES) dan Cultural Activity Theory (CHAT). Konsep ini memiliki pengaruh besar dalam membentuk dasar sosialisasi kognitif anak melalui interaksi sosial dan hubungan antara orang dewasa dan anak-anak.

SES adalah cara untuk mengelompokkan individu atau keluarga berdasarkan kemampuan ekonomi dan status sosial. Perbedaan antar kelompok SES dapat mempengaruhi pembentukan perkembangan individu, karena setiap individu memiliki pola interaksi yang berbeda. Hal ini sangat penting dalam pendidikan, karena perbedaan ini akan mempengaruhi cara pandang dan kebutuhan belajar setiap peserta didik. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penilaian atau assessment yang sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki oleh peserta didik.

 

3. Ruang Kolaborasi

Apa yang anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan anda dalam ruang kolaborasi?

Di bagian ruang kolaborasi, kami dan rekan-rekan satu kelompok membahas perspektif sosiokultural dalam buku bacaan, seperti "Belajar Berdemokrasi" (halaman 58-75), "Ray Pecandu Game Online" (76-92), dan "Melawan Setan Bermata Runcing: Pengalaman Pergerakan Pendidikan Sokola" (halaman 125-156). Dari bacaan tersebut, kami menyimpulkan bahwa proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk faktor lingkungan sosial. Oleh karena itu, guru perlu mengatasi dan mencari solusi atas tantangan yang timbul dari interaksi sosial di kelas. Strategi dan model pembelajaran yang tepat harus diterapkan agar pengalaman belajar siswa dapat dioptimalkan.

Sebagai fasilitator pembelajaran, guru harus memiliki kompetensi dalam menciptakan suasana pembelajaran yang mendukung perkembangan sosial dan kognitif anak-anak. Selain itu, guru juga harus memastikan bahwa interaksi sosial dapat berdampak positif pada proses pembelajaran.


 

4. Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang anda jalani bersama kelompok?

Kami telah melakukan demonstrasi konstektual dan diskusi tentang pentingnya pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan latar belakang sosial ekonomi peserta didik untuk mengidentifikasi tantangan dalam pembelajaran dan menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kami percaya bahwa pendekatan pembelajaran yang inklusif, relevan, dan bermanfaat bagi peserta didik sangat penting. Metode pembelajaran harus beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik untuk memudahkan pemahaman dan meraih hasil yang baik.

5. Elaborasi Pemahaman

    Sejauh ini apa yang sudah anda pelajari mengenai topik ini?

Saya mempelajari perspektif sosiokultural dalam pendidikan, termasuk SES dan Cultural Activity Theory (CHAT). Topik ini membantu saya memahami pola interaksi sosial yang memengaruhi individu dan pendidikan mereka, sehingga membentuk aktivitas sosial. Perbedaan latar belakang siswa, pola pikir, serta karakter yang beragam akan mempengaruhi pembelajaran yang dilakukan.

    Apa hal baru yang anda pahami atau yang sudah berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai?

Sebelum pembelajaran dimulai, saya sudah memiliki pemahaman awal tentang sosio ekonomi. Namun, setelah pembelajaran, ada beberapa hal baru yang saya pahami tentang sosio ekonomi. Beberapa hal tersebut antara lain:

·       Keterkaitan antara sosial dan ekonomi - Setelah mempelajari sosio ekonomi,saya menyadari betapa eratnya keterkaitan antara aspek sosial dan ekonomi. Misalnya, kemiskinan dapat mempengaruhi kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.

·       Pentingnya mengambil kebijakan yang tepat - saya menyadari betapa pentingnya pengambilan kebijakan yang tepat dalam sosio ekonomi. Kebijakan yang tepat dapat membantu meningkatkan kesejahteraan sosial dan ekonomi, sedangkan kebijakan yang buruk dapat memperburuk masalah sosial dan ekonomi.

·       Perubahan dalam pola pikir - Setelah mempelajari sosio ekonomi, saya mengalami perubahan dalam pola pikir. Saya lebih memahami pentingnya keadilan sosial dan merasa terpanggil untuk membantu mengatasi masalah sosial dan ekonomi yang ada di sekitar saya.

    Apa yang ingin anda pelajari lebih lanjut?

 

Saya ingin memperdalam pemahaman saya tentang faktor-faktor yang mempengaruhi SES seseorang. Misalnya, bagaimana pendidikan dapat memengaruhi SSE seseorang, atau bagaimana perbedaan jenis pekerjaan dapat memengaruhi SSE.

6. Koneksi Antar Materi

Apa yang anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Dalam mata kuliah ini, saya mempelajari konsep penting tentang bagaimana seorang guru dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif. Tujuannya adalah untuk menciptakan lingkungan belajar yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan pengetahuan, minat, bakat, dan potensi mereka secara lebih mendalam. Konsep ini dapat dihubungkan dengan materi-materi pada mata kuliah lainnya, sehingga membantu saya dalam membangun koneksi antar materi dalam belajar.

 

7. Aksi Nyata

    Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Pembelajaran perspektif sosio-kultural memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesiapan saya sebagai guru. Dalam pembelajaran ini, saya akan mempelajari hubungan antara budaya, masyarakat, dan pendidikan. Hal ini akan membantu saya untuk memahami bagaimana budaya dan latar belakang siswa mempengaruhi cara mereka belajar dan berinteraksi di kelas.

Dengan memahami perspektif sosio-kultural, saya juga akan dapat mengembangkan strategi pengajaran yang lebih efektif dan inklusif. Saya dapat mengambil pendekatan yang lebih holistik dalam mendidik siswa dengan mengakui peran budaya dan latar belakang siswa dalam proses pembelajaran.

Selain itu, penggunaan perspektif sosio-kultural juga dapat membantu saya dalam mengatasi perbedaan sosial, ekonomi, dan budaya yang mungkin terjadi di kelas. Guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang aman dan inklusif di mana semua siswa merasa dihargai dan diterima.

    Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Kesiapan saat ini berada pada skala 7 alasannya karena saya merasa pemahaman yang dipahami masih perlu dipelajari kembali. Saya merasa masih kurang namun, masih mencoba belajar dan melakukan implementasi konsep dalam pemberian layanan nantinya.


 

    Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Saya perlu menyiapkan berbagai pemahaman bagaimana menjadi guru yang dapat memerdekakan peserta didik, membuat suasana belajar yang menyenangkan dan memberikan umpan balik yang konstruktif kepada peserta didik

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Isu-Isu Penyelenggaraan Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah dalam Perspektif Sosial, Budaya, Ekonomi & Politik di Indonesia

    Penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah merupakan sebuah proses kompleks yang terpengaruh oleh berbagai faktor, ter...